10 TIPS SUKSES USAHA / BERJUALAN KAOS SECARA ONLINE DI INTERNET

Tidak bisa dipungkiri, kini berbisnis di ranah online semakin digandrungi dan diminati. Semakin maraknya pemasaran dan investasi perusahaan berbasis belanja online membuat masyarakat semakin nyaman dan merasa aman berbelanja secara online.
Dengan ramainya jual beli secara online, Masyarakat semakin merasa dimudahkan untuk membeli kebutuhan tanpa harus keluar rumah.Hal ini pun menjadi peluang baru yang semakin menarik kita untuk mencoba peruntungan.
Termasuk dalam berbisnis kaos. Permintaan yang selalu meningkat untuk kebutuhan primer tersebut membuat tak sedikit orang yang tertarik menawarkan produknya dengan cara online.
Namun sayangnya, tak sedikit pula yang usaha mereka jatuh dan tumbang di tengah jalan, karena tidak menguasai teknik berbisnis online dengan baik. Tak sedikit pula yang gagal karena merasa sudah mahir di bisnis offline.
Padahal, bisnis online sangat berbeda dengan bisnis offline atau konvensional. Meskipun terlihat mudah, ternyata berjualan secara online membutuhkan teknik-teknik khusus agar mencapai keuntungan yang sesuai dengan harapan.
Berikut kami lampirkan tips atau cara agar sukses berjualan kaos distro maupun kaos jenis lainnya secara online.

1. Lakukan Analisa dan Riset Terlebih Dahulu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro anime 1
Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah melakukan analisa dan riset data di lapangan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa sebenarnya yang dicari oleh pasar.
Kebanyakan orang yang mencoba usaha gagal di tahun pertamanya karena mereka menjual apa yang sebenarnya tidak diminta oleh pasar. Dari riset ini Anda bisa mengetahui sebenarnya model kaos seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Cobalah untuk membuat semacam kuisioner sederhana yang dibagikan pada pengguna internet (harus pengguna internet, karena Anda kan ceritanya mau jualan online). Buat pertanyaan semenarik mungkin, dan cari tahu apa sih yang sebenarnya mereka inginkan dan mereka butuhkan.

2. Tentukan Identitas Perusahaanmu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 2
Setelah menemukan apa sebenarnya yang mereka cari, kini saatnya bagi Anda untuk menentukan perusahaan model apa yang akan Anda bangun. Okelah kita semua setuju kalau Anda berencana menjual kaos secara online. Tapi dengan model apa Anda menjual kaos?
Apakah Anda ingin berjualan Kaos dengan desain yang sudah  ready stock? Atau ingin fokus berjualan kaos polos dulu? Atau bahkan lebih berhasrat jadi penyedia jasa produksi kaos dengan desain yang custom sesuai kemauan konsumen?
Adalah penting bagi Anda untuk menentukan identitas. Entah ingin memfokuskan sebagai vendor kaos, clothing line, distro atau bahkan clothing market place. Itu semua terserah Anda.
Semua bisa diukur dan disesuaikan dengan passion Anda. Yang jelas untuk memulainya, Anda harus fokus hanya pada satu identitas saja agar bisa memaksimalkan apa yang akan Anda kerjakan.
Ibarat mengejar dua ayam dengan tangan kosong. Percayalah, Anda hanya bisa menangkap salah satunya terlebih dahulu. Saya berani taruhan kalau Anda mengejar dua ayam secara langsung, pasti Anda tidak akan bisa menangkap keduanya sampai kapanpun.

3. Buat Road Map dan Targetan yang Jelas

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 3
Luangkan waktu sejenak untuk merenung dan berfikir, kemana arah dan tujuan perusahaan yang Anda mulai. Tentukan apa dan sebesar apa target yang ingin Anda capai.
Tentukan pula berapa lama waktu yang akan Anda tempuh untuk mencapai target tersebut. Tentu saja hal ini dilakukan agar Anda secara jelas mengerti apa yang sebenarnya Anda inginkan dan apa saja yang seharusnya Anda lakukan.
Kebanyakan pebisnis pemula (termasuk pebisnis kaos online) beranggapan “ah, yang penting jalan aja duluYang penting ngalir.” Tak masalah, itu semua kembali pada diri Anda masing-masing.
Yang jelas, dengan adanya target dan road map yang mendetil akan sangat mendukung Anda untuk mencapai kesuksesan yang nyata.

4. Maksimalkan Satu Cara Pemasaran Terlebih Dahulu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 4
Pemasaran adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan. In case of  berjualan kaos secara online, berarti Anda harus melakukan pemasaran melalui online (ya iyalaah). Tapi Anda harus fokus pada satu ranah online terlebih dahulu, agar mampu menguasai pasar dengan cepat dan menghasilkan keuntungan di ranah tersebut.
Misalkan Anda memilih untuk memaksimalkan pemasaran di instagram dulu. Ya fokus saja untuk maksimalkan cara-cara marketing di Instagram. Pelajari ilmunya di banyak artikel yang sudah tersedia di internet.
Benahi profil perusahaan Anda agar menarik. Anda juga harus pelajari teknik dasar untuk mengambil foto yang bagus, karena Anda memilih untuk memaksimalkan instagram terlebih dahulu.
Saat pemasaran kaos Anda di instagram sudah mulai terlihat dan menghasilkan, barulah Anda boleh melirik cara lain seperti twitter ads, facebook ads, SEO, SEM dan sebagainya. Tentu saja, semua cara itu kembali pada analisa pasar Anda sebelumnya.
Tentu beda, demografi antara pengguna facebook, instagram, twitter apalagi Google Search. Setiap ranah punya kultur, kebutuhan dan permintaan yang berbeda-beda.

5. Buat Website untuk Perkuat Reputasimu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 5
Ibarat makan sayur tanpa garam, rasanya belum afdhol kalau jualan kaos online tapi belum punya website. Rasanya belum sempurna kalau cuma nongkrong di akun medsos saja.
Di dunia maya, sebuah Website ibarat sebuah rumah yang mewakili identitas perusahaan Anda secara utuh. Sedangkan media sosial hanyalah pengukuh eksistensi merk perusahaan Anda saja.
Biasanya konsumen lebih memilih toko yang sudah memiliki website dibanding yang belum. Diantaranya alasannya adalah orang yang sudah memiliki website terlihat lebih serius dan sungguh-sungguh.
Konsumen juga lebih leluasa melihat produk maupun portfolio yang sudah kita jual atau buat di website, ketimbang hanya melihat postingan di media sosial saja yang sangat terbatas aksesnya.

6. Pelajari Teknik Copywriting dan Teknik Closing

Startup Stock Photos
Copywriting dalah sebuah teknik menulis yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan. Copywriting dibuat agar pembaca mulai lebih tertarik untuk membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang Anda inginkan dari tulisan Anda.
Copywriting adalah hal selanjutnya yang harus Anda pelajari agar kaos yang Anda jual bisa laris di pasaran yang sudah Anda bidik sebelumnya.Setelah copywriting Anda pelajari dengan baik, prospek baru pun berdatangan dengan jumlah lebih banyak.
Ketika itu terjadi, barulah teknik closing akan memaksimalkan prospek yang datang menjadi keberhasilan penjualan yang sudah Anda targetkan sebelumnya. Cobalah pelajari teknik copywriting dan closing yang sudah tersebar di berbagai artikel di internet.

7. Aktifkan Sosial Media

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro anime 7
Walaupun Anda baru memaksimalkan satu cara terlebih dahulu, Anda tetap tak boleh mengabaikan media sosial lain yang tersedia. Anda sangat dianjurkan untuk tetap aktif di media sosial sebagai penguat eksistensi merk perusahaan Anda.
Eksistensi Anda di semua lini sosial akan membuat trust konsumen akan terbangun. Reputasi merk Anda pun akan menguat.Untuk mempermudah aktivasi di media sosial, Anda bisa mencoba pelajari cara untuk menschedule postingan di tiap media sosial.
Jadi Anda tak perlu repot-repot memposting satu-satu setiap hari di semua media sosial. Hal itu hanya akan membuang-buang waktu Anda saja. Selain itu, Anda juga bisa jadi lebih fokus untuk memaksimalkan satu cara pemasaran yang sedang Anda tempuh.

8. Haram untuk Melakukan Broadcast, Spam Tag dan Spam Posting!

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro anime 8
Anda pasti pernah kan melihat teman Anda yang berjualan dengan membroadcasttag facebook, posting berulang secara membabi buta dan brutal. Tentu menjengkelkan sekali, bukan?
Ya, sangat menjengkelkan dan sangat memuakkan! Bahkan tak jarang dari kita yang memutus pertemanan karena tak tahan dibombardir terus menerus.Hentikan dan jangan pernah lakukan penjualan dengan cara murahan.
Lakukan penjualan pada target pasar yang sudah Anda tuju, bukan pada teman, kerabat apalagi saudara Anda. Kecuali kalau mereka memang bagian dari target pasar yang sudah Anda bidik.
Itu berarti keterkaitan dia dengan Anda dalam kasus jualan ini adalah antara penjual dan pasar, bukan antara saudara dengan saudara. Jangan pernah berharap Anda bisa mendapatkan keuntungan dari cara yang menjengkelkan.
Mereka adalah orang terdekat Anda, mereka pasti beli kalau mereka benar-benar membutuhkannya. Jangan jejali mereka dengan produk yang bahkan yang lebih parah lagi, akan membuat Anda dan merk perusahaan yang Anda bangun akan runtuh dan hancur.

9. Pilih Vendor / Supplier yang Terbaik

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro anime 9
Apalah artinya pemasaran yang sempurna, prospek yang melimpah, tapi tak dibarengi dengan kualitas produk yang mumpuni. Untuk itu, Anda sangat membutuhkan vendor maupun supplier yang mampu menyediakan produk dengan kualitas yang terbaik.
Hal ini sangat penting, mengingat faktor kualitas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembelian berlanjut (repeat order). Jika Anda ingin konsumen Anda membeli lagi, lagi dan lagi produk kaos yang Anda jual, maka Anda harus menjual kaos dengan kualitas yang terbaik.
Jangan malas untuk eksplorasi terus menerus dan jangan takut untuk mendengar keluhan konsumen. Jangan ragu untuk harga pokok yang sedikit lebih mahal tetapi jauh lebih bagus. Dengan begitu, konsumen pun akan terbangun kepercayaannya dan akan selalu membeli berapapun harga produk kaos yang Anda jual.

10. Fokus dan Nikmati Perjuangannya

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro anime 10
Sebagai pengait usaha – usaha Anda sebelumnya untuk menjual kaos secara online, maka fokus adalah keniscayaan. Arahkan pandangan ke depan dan tatap target Anda dengan tajam.
Jangan pernah menoleh ke kanan, kiri apalagi belakang sebelum Anda benar-benar mencapai target yang sudah Anda cita-citakan.Jika Anda memang benar-benar ingin serius berjualan kaos dan mendapatkan penghasilan sesuai dengan target yang Anda buat, maka Anda harus fokus.
Fokus adalah bekal utama untuk bisa menapaki step-step yang sudah Anda rancang sebelumnya. Terakhir, balut fokus dan konsistensi Anda dengan menikmati setiap momen dalam perjalanan bisnis Anda.
Nikmati semua proses yang Anda lalui dengan dewasa dan bijak. Pahami bahwa segala kepahitan dan kesakitan adalah sesuatu hal yang mutlak dan harus ditempuh sebelum benar-benar mencapai kesuksesan.
Tak lupa pula untuk selalu perbaiki hubungan Anda dengan Tuhan dan sesama. Agar Anda selalu ingat, apa sebenarnya tujuan dari Anda berjualan atau berwirausaha. 🙂

sumber:
http://berkaos.com/cara-tips-sukses-usaha-berjualan-kaos-secara-online-2/

Komentar